Ada Juventus dan Chelsea, Ini Deretan Klub yang Jago Jualan Pemain dan Dapat Untung Besar

http://hmbgsb.com/wp-content/uploads/2020/02/joao-felix_9d1d5cf.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Ada lima klub di Eropa yang jago menjual para pemainnya dan kemudian mendapatkan untung yang begitu besar.

Bursa transfer pemain membuat beberapa klub besar Eropa memiliki kesempatan untuk memperbaiki skuat. Tidak sedikit dari mereka yang jorjoran untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik dunia.

Bursa transfer musim panas 2019 dunia sepak bola dihebohkan dengan pembelian Joao Felix. Talenta muda Portugal yang baru berusia 19 tahun itu diangkut Atletico Madrid dengan mahar 126 juta euro (Rp2 triliun).

Rival satu kota Atletico yakni Real Madrid, meski mengubah kebijakan pemainnya, juga masih sempat mengeluarkan cek senilai 100 juta euro (Rp1,5 triliun) pada musim panas 2019 kemarin. Uang sebesar itu mereka keluarkan demi memboyong Eden Hazard dari Chelsea.

Pembelian besar-besar klub-klub kuat Eropa membawa keuntungan besar bagi klub pemilik pemain sebelumnya. Mereka bisa menginvestasikan uang tersebut untuk mencari talenta-talenta muda untuk diorbitkan lagi, dan bisa jadi, dijual lagi.

Ada beberapa klub yang mendapat keuntungan besar berkat kemahirannya menjual pemain. Seperti dilansir dari Berita Bola Online, berikut lima besar klub yang pundi-pundi tabungannya makin menggelembung dari bursa transfer sejak tahun 2009.

Benfica menjadi klub Eropa yang mencatatkan penjualan pemain fantastis sejak 2009. Total mereka mendapatkan dana segar senilai 900 juta pounds (Rp16,2 triliun).

Joao Felix, Ederson, Victor Lindelof, Angel di Maria, David Luiz, Nemanja Matic adalah sederet pemain yang membawa nominal tersebut masuk ke kas Benfica.

AS Monaco juga memiliki reputasi bagus dalam menjual pemain dengan harga tinggi. Total mereka mencatatkan penjualan sebesar 894,1 juta paun (Rp16 triliun).

Penjualan besar terjadi saat Paris Saint-Germain (PSG) menebus Kylian Mbappe senilai 165 juta pounds. Selain itu mereka juga menjual James Rodrigue, Thomas Lemar, dan Anthony Martial dengan masing-masing memiliki harga lebih dari 50 juta pounds.

Atletico Madrid bisa jorjoran dalam pembelian pemain karena mendapatkan dana berlebih dari penjualan. Total mereka meraup 878,4 juta pounds (Rp15,7 triliun) dari penjualan pemain di bursa transfer dalam 10 tahun terakhir.

BACA JUGA :Pelatih Lazio Sesalkan Kegagalan Boyong Olivier Giroud

Antoine Griezmann, Radamel Falcao, Jackson Martinez, Sergio Aguero, Diego Costa, dan Fernando Torres meninggalkan kota Madrid dengan kesepakatan yang tidak murah.

Chelsea dulunya merupakan klub yang jorjoran dalam pembelian pemain. Namun, dalam 10 tahun terakhir mereka mencatatkan rekor penjualan pemain yang fantastis mencapai 820,24 juta pounds (Rp14,7 triliun).

Mereka mendapat uang dalam jumlah besar melalui penjualan Eden Hazard dan Diego Costa. Selain itu Chelsea juga menjual Oscar, Alvaro Morata, David Luiz, Juan Mata, Nemanja Matic, Romelu Lukaku, Thibaut Courtois, dan Arjen Robben yang masing-masing harganya lebih dari 30 juta pounds.

Juventus terkenal dengan kesepakatan cerdik dalam bursa transfer. Mereka menjual beberapa pemain mereka dengan nominal berlipat-lipat dari sebelumnya.

Juventus mencatatkan penjualan mencapai 806 juta pounds (Rp14,5 triliun). Penjualan terbesar mereka terjadi saat menjual Paul Pogba ke Manchester United senilai 89 juta pounds.

Selain itu mereka juga menjual Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, dan Arturo Vidal dengan harga tinggi.